Merawat kondisi aki kering mobil memang terbilang sangat penting dilakukan, terlebih bagian aki mobil merupakan salah satu bagian yang vital pada sebuah mobil. Namun, ternyata ada cara mudah untuk melakukan perawatannya, loh.
Baterai sebagai sumber listrik pada mobil atau yang biasa disebut aki adalah komponen vital lantaran fungsinya sebagai sumber kelistrikan utama. Untuk itu, aki wajib dilakukan perawatan berkala, termasuk menjaga voltase atau tegangannya agar tetap stabil.
Untuk menjaga performa aki agar tetap optimal salah satunya adalah dengan rutin memanaskan mobil. Pasalnya rutinitas ini akan membuat arus tegangan pada aki untuk bergerak memasok daya pada komponen kelistrikan di mobil.
Selain itu, proses memanaskan kendaraan juga akan memberi pasokan tegangan ke aki sehingga mencegah terjadinya kurang daya.
Periksa secara berkala.
Pastikan tidak ada karat pada terminal yang dapat berimbas pada berkurangnya tegangan aki. Untuk aki basah, pastikan juga air aki selalu sesuai dengan ukuran karena air aki berfungsi menghantarkan arus listrik.
Melakukan pengisian ulang.
Jika Anda menggunakan jenis aki kering atau maintenance free, maka cara menjaga voltase adalah dengan melakukan pengisian ulang (charging) kalau tegangannya sudah di bawah 12 volt. Namun, pada praktiknya, terkadang perlu melakukan pergantian aki secara keseluruhan jika memang sudah tidak bisa menyimpan daya.
Hindari Beban Aki Berlebih.
Aki memiliki beban daya sesuai kapasitasnya, usahakan tidak memberikan beban berlebih pada aki seperti memasang perangkat yang membutuhkan beban listrik terlalu banyak.
Dengan menghubungkan anda langsung dengan ponsel sales consultant kami. Sederhana, aman dan nyaman, Kami adalah cara digital untuk mendapatkan konsultasi Anda tentang produk terbaru.
Honda Accord |
|
RS e:HEV | IDR 998.900.000 |
Honda BR-V |
|
S MT | IDR 336.200.000 |
E MT | IDR 355.100.000 |
E CVT N7X | IDR 367.800.000 |
PRESTIGE N7X | IDR 389.600.000 |
HS PRESTIGE N7X | IDR 409.600.000 |
Honda Brio |
|
S MT | IDR 205.100.000 |
E MT | IDR 219.600.000 |
E CVT | IDR 238.300.000 |
RS MT | IDR 283.600.000 |
RS CVT | IDR 294.400.000 |
RS MT TWO TONE | IDR 286.100.000 |
RS CVT TWO TONE | IDR 296.900.000 |
Honda City Hatchback |
|
RS HS CVT | IDR 419.300.000 |
Honda Civic RS |
|
RS CVT | IDR 664.800.000 |
Honda Civic Type R |
|
2.0 TC MT | IDR 1.483.700.000 |
Honda CR-V |
|
1.5 TURBO CVT | IDR 780.000.000 |
2.0 RS e:HEV | IDR 848.300.000 |
Honda HR-V |
|
1.5 L S CVT | IDR 429.600.000 |
1.5 L E CVT | IDR 450.500.000 |
1.5 L E CVT TWO TONE | IDR 453.000.000 |
1.5L SE CVT | IDR 471.200.000 |
1.5 L SE CVT TWO TONE | IDR 473.700.000 |
1.5L TURBO RS CVT | IDR 592.500.000 |
1.5 L TURBO RS TWO TONE | IDR 595.000.000 |
Honda WR-V |
|
E MT | IDR 315.100.000 |
E CVT | IDR 325.700.000 |
RS CVT | IDR 345.700.000 |
RS CVT HS | IDR 365.700.000 |
RS CVT Two Tone | IDR 348.200.000 |
RS CVT HS Two Tone | IDR 368.200.000 |